Sabtu, 09 April 2011

WISATA KULINER... "maaaaknyoosss"

     Seringnya saya menyusuri kawasan solo, sering pula ku mencicipi makanan-makananya. mulai dari sotonya serabi solo tengleng kepala sapi, garang asem, bebek goreng hingga nasi kucing. woooow ngomongi soto soto emang tak hanya ada d solo di jogja kudus hinggga masura pun memiliki soto dengan cita rasa dan keunggulanya tersendiri. dikota solo sejauh mata memandang gak akan lepas deh dari warung atau rumah makan yang menawarkan menu sotonya. saya senang makan soto apalagi saat hujan bikin anget di perut, selain itu kandungan gizinya pun lumayan oke selain ada nasinya soto pake toge sebagai sayurnya serta kuah kaldunya disertai daging sapi atau ayam tergantung kita belinya soto sapi atau soto ayam. selain itu harganya pun murah mulai dari yang pasang tarif Rp.3000,00 sampe yang ngasih harga Rp.10.000,00 tentunya beda harga beda rasa dan suasana dong hehe....
     Selain soto solo juga trerkenal dengan serabinya, dan yang terkenal adalah serabi "notosuman" (notosuman katanya sih nama daerah). berbeda dengan serabi dari daerah saya yang kebanyakan rasanya asin dan dimakan dengan gorengan, serabi solo rasanya manis bentuknya sama bundar tapi agak tipis rasanya manis lebih mirip martabak sih menurut saya.

     tengkleng kepala sapi wawah wahwah... tuk yang satu ini saya gk bisa cerita banyak , tengkleng yg juga terdapat di daerah lain ini saya pernah nyoba pesen menu ini tapi pas liat tulang kepala sapi dan uuuuuhhh mata sapinya yang GeDebanget yang mirip mata kajol pemaen film india  itu hihihi....sori ya buat fans kajol atas analogi saya....:) saya jadi gk selera nih, ngeri coi.. ahirnya saya lempar ke temen saya dan saya ngambil menu baru pecel sama telor bulat saja.
    Garang asem hmhm.... nih baru oke. dari namanya agak aneh buat saya tapi pas nyobain wuiiih enak juga. garang asem terdiri dari ayam yang di kasih bumbu dukasih kuah, dibungkus plastik lalu di bungkus daun pisang namun ada pula yang langsung di bungkus daun pisang kemidian dikukus,dan kuahnyasetelah dikukus jadi penuh dengan kaldu ayam hmhmhm... "ajiiiib"
Yang terahir saya bahas tentang nasi kucing. denger namanya jangan salah ngira, ibu saya saja kaget pas denger anaknya makan nasi kucing. nasi kucing bukan nasi + daging kucing apalgi jeroanya kucing hahai.... bukanlah. nasi kucing adalah nasi bungkus  yang di kasih oseng-oseng atau sabel sama sepotong ikan bandeng, selain menjual nasi kucing sipedagang yang biasa jualan sekitar jam 5sore hingga tengah malamini menjual juga  gorengan, ceker ayam, sate keong, sate jeroan ayam, arem-arem, dan sekoncone... minumanya selain teh manis es taeh ada susu jahe pavorit saya dan wedang jahe atau teh jahe. saya suka susu jahe selain untuk mencegah masuk angin kombinasi susu yang bisa melancarkan BAB sedangkan jahenya kalo kebanyakan justru menyebabkan sembelit jadi kombinasi minuman susu jahe ini adalah komposisi yang pas menurut saya.
    yang baca tulisan ini "awas tu iler dari tadi netes  gak kerasa sampe meleber kemana-mana tuh hehe.... srrriiittt... di lap dulu dong haha.. ini hanya sebagian makanan yang pernah saya cobain slama di solo bagi yang belum nyobain dan penasaran sama rasa makananya kapan-kapan mampir deh ke  soslo dan cobain sendiri ya....:)

2 komentar: