Minggu, 15 Mei 2011

SEBUTIR NASI BEGITU BERARTI

     "Lapeeer" begitulah nih perut tiap kali dah waktunya makan, dari bayi hingga umur segini gak ada bosenya makan hmm... andai saja nih mulut bosen makan dan nih perut gak laper lagi. bisa gak ada yang nanam padi di sawah hehe..
     Selama kita masih hidup perut ini pasti laper nagih minta diisi, gak kenal lagi miskin atau kaya , gak kenal lagi ada nasi atau enggak, makan sudah menjadi kebutuhan wajib kalo masih mau tetap hidup.
     Hari ini saya libur (jumat 13 mei 2011) gak tahu ada angin apa pengen nyoba nanak nasi sendiri, pengen belajar hemat "sedikiy ngirit" maklum anak kost yg lagi ngumpulin dana  tuk modal kawin hehe. Dan untuk pertama kalinya dalam hidup saya nyoba masak nasi sendiri. tapi entah karena kurang air, entah karena kelamaan, entah rice cookernya yang gak normal hasilnya GOSONG sodara-sodara dan bau hangusnya ini mampu mengundang dan mendatangkan pemilik sah dari rice cooker ini "pakde Bas sang pemilik rumah dan pemilik rica cooker ini pun datang " waaah kamu nyoba masak sendiri ya???" iya pakde tapi gosong" jawabku "kamu masaknya gimana?' dia memeriksa sambil tertawa kenceng banget.
     Ahirnyadia pun menurunkan ilmunya kepadaku , dan setelah kusimak setiap detil jurus yang dia berikan saya pun mencoba kembali tuk kedua kalinya
-pertama-tama beras dicuci hingga bersih, kemudian kasih air sebuku jari tuk beras kualitas bagus, tapi kalo berasnya jelek airnya dilebihkan dikit.
-kemudian masukan kedalam rice cooker, nyalakan tunggu kurang lebih 10 menit hingga airnya tinggal dikit lalu aduk-aduk  sebentar supaya nasinya tidak berkerak. 
-tinggal tunggu matang deh 
dan hasilnya TARAAAAA... yang kedua ini lumayan oke layak makan cing.. haah tinggal beli laiknya saja nih, ternyata ternyata tak segampang saya kira tapiii gak susah juga lho, pokonya IBU  aku padamu...
     Mungkin diantara kita sering makan makanan enak, atau tiao hari dimasakin ibu kita dengan susah payah, tapi mungkin masih ada yang kurang bisa mensyukurinya atas hidangan yang telah disajikan atas rezeki yang telah Allah berikan. saya dapat pelajaran dari semua ini coba kalokita ingat dan renungkanmasih banyak orang lain yang kelaparan ataupun mndapatkan sesuap nasi dengan lebih susah payah dari kita keringat hingga bercucuran bahkan ada yang tong sampah pun jadi teman sehari-hari. hm kita pasti lebih bisa menghargai makanan yang ada di hadapan kita.
     Dalam soal makanan prinsip saya sih healty first, jadi gak nyari yang enak apalagi mahal tapi yang enak, sehat, aman dan murah. haha... ada gak ya sudah laper nih kita syukuri saja setiap rezeki yang Allah berikan.
                                                           " selamat makan kawan" 

6 komentar:

  1. lumayan enak ato gosong niih masakan yang kedua???
    tapi,,gue hargai dah kerja keras lo, besok masak di rumah gue ye :P

    BalasHapus
  2. lumayan enak lah sampe gw abisin,soriiiiiii.... gw masak kalo lg kumat az haha...:)

    BalasHapus
  3. walaupun gosong yang penting hasil karya sendiri dimakan tetap enak dan sedikit pait hehehehe

    BalasHapus
  4. hehe,ibu memang the best deh..

    BalasHapus
  5. dicari koki masakan gosong.
    silahkan hubungi 12345. hahahaaa...

    BalasHapus
  6. mas warsito hehe betul bnget tuh...:)
    I-one : yups I egree with U
    Deean jiddan : ngasih nmer tlpn apa lg belajar ngitung nih...:)

    BalasHapus